2018 mungkin adalah tahun pertama saya tidak membeli iPhone andalan

IPhone X unggulan mungkin bukan iPhone terlaris yang pernah dirilis oleh Apple. Sejumlah laporan yang bersumber baik menyatakan bahwa Apple harus memangkas produksi iPhone X setidaknya satu kali karena penjualan telah gagal memenuhi harapan. Ada kemungkinan bahwa laporan ini tidak berdasar dan pesanan dipotong oleh Apple karena mempercepat produksi dengan sangat cepat pada musim gugur yang lalu, tetapi harga $ 1.000 yang tinggi di telepon dan respons yang hangat terhadap kurangnya Touch ID membuat itu tampak tidak mungkin. Meski begitu, respons di antara orang-orang yang membeli iPhone X sangat positif, dan saya menikmati hampir semua hal tentang ponsel sejak saya membeli milik saya November lalu. Ini adalah Apple iPhone yang paling keren, tercepat dan paling kuat yang pernah dibuat, dan tampilannya benar-benar menakjubkan. Meskipun kontroversial, saya juga datang untuk benar-benar menyukai desain layar berlekuk. Saya jelas tidak sendirian karena hampir setiap pembuat ponsel Android di planet ini sedang dalam proses menyalinnya.

Jika ada satu hal yang mengganggu saya tentang iPhone X, mungkin ukuran layarnya. Dengan ukuran 5,8 inci, layar iPhone X lebih besar daripada layar iPhone 8 Plus’,5 inci di atas kertas. Namun dalam kenyataannya, ponsel ini memiliki rasio aspek 19,5: 9 yang sangat tinggi dan lebar, sehingga sebenarnya ada sedikit ruang keseluruhan daripada yang ada di iPhone 8 Plus. Itu sebabnya saya sangat bersemangat tentang rumor baru-baru ini yang menyarankan “iPhone X Plus” yang lebih besar akan dirilis tahun ini. Meskipun iPhone X dengan layar OLED besar 6,5 inci terdengar, saya mungkin melewatkannya tahun ini dan membeli telepon baru yang berbeda.

IPhone telah menjadi ponsel pribadi saya sejak model pertama diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu pada tahun 2007. Saya menghabiskan sekitar 5 menit dengan model iPhone generasi pertama sebelum mengetahui saya akan membuang waktu saya dengan smartphone Nokia dan ponsel BlackBerry telah datang ke akhir. Saya telah membeli model iPhone andalan baru setiap tahun sejak saat itu, tetapi tahun 2018 mungkin merupakan tahun yang semua berubah.

Tidak, saya tidak berencana untuk lompat ke Android. Saya dengan senang hati beralih ke Galaxy S9 + atau salah satu ponsel Android hebat lainnya di luar sana, tetapi saya terlalu mengakar dalam ekosistem Apple untuk meninggalkannya sekarang. Bravo, Apple. Tentu saja, bukan hanya itu – bahkan dengan keadaan iOS 11 yang saat ini berantakan, iOS masih memberikan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik daripada Android. Tambahkan ke integrasi yang luar biasa di semua lini produk Apple yang berbeda, dan pengalaman yang terlalu baik untuk ditinggalkan.

Jadi, jika saya tidak membeli unggulan “iPhone X Plus” atau versi terbaru iPhone X 5,8 inci unggulan, apa yang akan saya beli? Tidak, saya tidak berencana untuk melakukan downgrade ke iPhone SE 2 Apple mungkin atau tidak akan mengumumkan dalam beberapa bulan mendatang. Sebagai gantinya, ada model iPhone baru yang disetel untuk meluncurkan September ini, dan sepertinya itu hampir sempurna.

IPhone X 5,8 inci agak terlalu kecil untuk saya, dan ada kemungkinan besar “iPhone X Plus” 6,5 inci akan terlalu besar. Seperti halnya dengan ponsel seri Apple iPhone 6 / 6s / 7/8, model dasarnya terlalu kecil dan model Plus terlalu berat untuk digunakan dengan nyaman dengan satu tangan. Seperti Goldilocks, saya berjuang untuk menemukan yang tepat. Tetapi ada tiga beruang dalam cerita itu, dan pada tahun 2018 ada tiga iPhone baru yang akan dirilis September mendatang. Ternyata, yang ketiga mungkin berakhir tepat.

Orang dalam Apple terkemuka di dunia mengatakan bahwa selain penerus iPhone X 5,8 inci dan versi phablet baru ponsel dengan layar OLED 6,5 inci, akan ada model iPhone baru ketiga dengan layar 6,1 inci. Anak tengah baru ini seharusnya adalah ponsel mid-tier yang ditempatkan di suatu tempat di antara iPhone SE dan model iPhone unggulan Apple, apa pun akhirnya mereka dipanggil. Dengan desain hampir semua layar seperti iPhone X, model 6,1 inci dapat menjadi iPhone ukuran sempurna yang saya harapkan sejak Apple pertama kali meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada tahun 2014.

Sekarang, di sinilah berbagai hal menjadi rumit. Orang dalam mengatakan ponsel ini akan menjadi handset mid-tier, sehingga spesifikasi akan dihidupkan kembali sedikit dibandingkan dengan model iPhone high-end Apple berencana untuk merilis tahun ini. Bisakah saya hidup dengan itu? Dapatkah pengguna iPhone lama lainnya yang telah menunggu iPhone berukuran sempurna hidup dengan itu?

Mari kita lihat perbedaan yang menurut kami sudah kita ketahui sejauh ini. Catatan awal  tentang tiga iPhone baru yang akan diluncurkan tahun ini mengatakan bahwa iPhone X mid-tier – karena tidak memiliki nama yang lebih baik – akan memiliki beberapa downgrade kunci. Pertama, layar 6,1 inci akan menjadi layar LCD daripada layar OLED yang lebih baru seperti yang ada di iPhone X. Ini mungkin adalah spesifikasi yang paling membuat saya jeda. Panel Samsung Display OLED baru di Apple iPhone X benar-benar menakjubkan. Layar LCD pada iPhone 8 dan 8 Plus masih bagus, tetapi mereka tidak memegang lilin ke layar iPhone X.

Perbedaan besar berikutnya adalah bahwa iPhone 6,1 inci tidak akan mendukung 3D Touch. Sejujurnya, saya tidak peduli. 3D Touch adalah fitur yang rapi dan saya benar-benar menggunakannya cukup sering, terutama fitur trackpad pada keyboard. Ada beberapa fitur bermanfaat lainnya. Tetapi jika 3D Touch menghilang besok, saya tidak akan melewatkannya. Kebanyakan orang lain mungkin juga tidak. Apple melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan menggunakan teknologi yang bagus ini sampai batas maksimalnya, dan banyak orang bahkan tidak mengingatnya ada atau tidak pernah tahu tentang hal itu di tempat pertama.

Ada kemungkinan ada beberapa perbedaan lain antara iPhone 6,1 inci dan model OLED Apple tahun ini. Kami telah mendengar kabar burung bahwa ponsel akan memiliki bingkai tengah aluminium dan bukan dari baja tahan karat, misalnya. Sekali lagi, siapa yang peduli? Misteri terbesar adalah spesifikasi utama – apakah iPhone ini memiliki RAM yang lebih sedikit daripada model Apple yang lebih canggih? Apakah akan memiliki prosesor seri A yang lebih tua seperti iPhone SE? Itu mungkin menjadi pemecah masalah.

Di luar ukuran, ada keuntungan besar lain yang akan dimiliki model 6,1 inci: harga. Model iPhone baru ini mungkin mulai dari hanya $ 550 setara dengan IDR 7,595,000. Itu akan menjadi nilai yang luar biasa, bahkan jika spesifikasi ponsel akhirnya dihidupkan kembali sedikit. Saya, seperti banyak pengguna iPhone lainnya, saya harus mengeluarkan uang yang cukup untuk membayar iPhone X saya ketika peluncuran model iPhone baru dari Apple. Karena model baru diharapkan diluncurkan tepat waktu pada bulan September dan iPhone X tahun lalu diluncurkan pada akhir bulan November, itu adalah pembayaran dua bulan yang harus saya lakukan untuk meningkatkan ke ponsel baru pada paket cicilan saya. Saya bisa menunggu hingga November untuk meningkatkan … tetapi kita semua tahu itu tidak akan terjadi.

Apple mungkin berakhir emas mencolok dengan mid-tier iPhone X penggantinya pada 2018. Ukurannya tampak sempurna dan harga tampaknya benar. Jika tag harga iPhone X $ 1.000 + benar-benar merupakan hal yang menahan banyak pengguna iPhone dari peningkatan versi, kita bisa mengharapkan lonjakan pembaruan datang bulan September. Bagi saya, saya akan melakukan pencarian jiwa yang serius, tetapi 2018 mungkin adalah tahun pertama saya tidak membeli iPhone unggulan.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *